Pasang Iklan disini

Profil member Ex-AKB48 - Atsuko Maeda (Acchan)

0 komentar
[IMG]
Atsuko Maeda
Maeda Atsuko [前田敦子] lahir di Ichikawa Chiba, 10 Juli 1991.

Salah satu dari 7 personil generasi pertama AKIHABARA48 (AKB48), sejak terbentuk di tahun 2005. Personil dari Team A dan salah satu member AKB48 terpopuler dan memiliki fans terbanyak di seluruh dunia. Dan profesinya adalah sebagai penyanyi, aktris dan model.

Acchan (nama panggilan akrab Maeda), sejak kecil bukanlah seorang anak yang terlalu menonjol. Bahkan semasa sekolah pun, Acchan terkenal sebagai anak yang sangat pendiam dan cenderung introvert. Tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan cenderung selalu ingin berada di belakang orang lain dan bukan tipe yang ceria. Setiap hari, sepulang sekolah, Acchan hanya berdiam di dalam kamarnya sambil membaca komik atau tidur (ini salah satu hobby Acchan). Pada awalnya gembar gembor pencarian Idol yang dilakukan oleh AKIHABARA48 di majalah-majalah, sama sekali tidak menggoyahnya. Padahal teman-teman Acchan banyak membicarakannya di sekolah.


Suatu ketika, ketika pulang berbelanja menemani ibunya. tiba-tiba Acchan menemukan sebuah poster besar di kelokan jalan dekat rumahnya. Akhirnya Acchan membaca sendiri tentang pencarian Idol di Akihibara itu. Satu buah kalimat dariAkimoto Yasushi ( Founder dari Akihabara48 ) di dalam poster ini => “Saya ingin bertemu dengan diri Anda yang sebenarnya” – Kalimat ini langsung masuk ke dalam hati Acchan. Secara tiba-tiba dia berkata kepada ibunya, “Ibu…Aku mau mencoba ini”. Tentu saja disambut dengan rasa terkejut dari ibu, karena merasa yang berbicara barusan bukanlah puterinya. Karena yang beliau tahu, selama ini puterinya adalah seorang anak perempuan yang pendiam, pesimistik dan pemalu. Tiba-tiba mengatakan hal seperti ini merupakan kali pertama didengar oleh beliau dan sungguh membanggakan.

Berangkatlah Acchan menuju audisi di Akihabara dan Akimoto sendiri yang melakukan Audisi tanggal 30 Oktober 2005. Di seleksi awal, Acchan bernyanyi membawakan lagu dari penyanyi favoritnya,Shibasaki Kou ~ Glitter. Lebih dari 7000 pendaftar hanya 45 orang yang diterima masuk ke audisi ke 2 dan sungguh diluar dugaan Acchan salah satunya. Audisi kedua mengecilkan jumlah dari 45 orang menjadi 24 orang. Dan dari ke-24 orang inilah cikal bakal dari terbentuknya AKB48 Team A, generasi pertama ( 1st generation )

[IMG]
[IMG]
Konser debut AKB48 di Theater menyerap banyak perhatian dari media massa yang cukup mengenal sosok Akimoto Yasushi sebagai seorang penulis lirik dan produser rekaman. Media menyebut AKB48 sebagai “Moe Idol” karena memang menampilkan gadis-gadis remaja yang masih belia sekali. Akimoto bersama staff setianya, Togasaki Tomonobu, berusaha keras untuk menaikkan nama AKB48 dan Theaternya hingga ke seluruh kota Tokyo. Mulai dari pemilihan Fans terbaik, membagi-bagikan T-shirt gratis kepada setiap pengunjung yang datang hingga merilis single pertama dalam bentuk CD. ( Single Pertama AKB48 dalam bentuk CD, berjudul Sakura No Hanabiratachie )
[IMG][IMG]
Namun dari waktu ke waktu, dengan bertambahnya generasi ke dua dari AKB48 personil AKB48 menjadi semakin besar dan sulit untuk mengingat namanya satu persatu. Karena itu Akimoto menunjuk seseorang dari Team A untuk menjadi Center. Dan pilihan jatuh pada Acchan. Pada awalnya pilihan Akimoto ini sempat ditentang oleh Togasaki, karena Acchan adalah seorang gadis yang pendiam dan introvert. Tidak mungkin Acchan bisa menjadi seorang Center bagi AKB48 yang sedang naik daun. Akimoto yang bisa dibilang memiliki “Indera Ke-enam” hanya tersenyum. Beliau yakin, Acchan adalah calon bintang besar.

Keputusan Akimoto pun ditentang keras oleh Acchan sendiri ketika dipanggil ke kantor Akimoto. Acchan hanya bisa menangis di kantor Akimoto karena tidak mau dan tidak percaya diri untuk menjadi seorang center. Reaksi yang sama pun dialami oleh member lain yang seangkatan dengan Acchan. Kenapa mereka harus berdiri dan menari di belakang Acchan ? namun berkat bujukan dan bimbingan dari para member yang lebih dewasa seperti Shinoda Mariko dan Oshima Mai, akhirnya para member-member muda ini dapat mengerti. Acchan mendapatkan tempat sebagai solois dalam lagu “Nagisa no Cherry”

Dan Acchan menjadi Center dalam Video Clip AKB48 perdana “Aitakatta” yang dirilis bulan Oktober 2006. Di Clip ini AKB48 telah terbentuk team A dan Team K. Namun pendakian AKB48 ke tangga kesuksesan tidak dibarengi dengan kesuksesan para membernya di lingkungan sekitar tempat tinggal maupun sekolahnya. Karena secara tiba-tiba seluruh teman-teman sekelas para member, menjauhi, mengejek dan sirik kepada mereka. Tentu hal ini merupakan hal yang biasa di kalangan remaja puteri. Namun, dampaknya sangat besar pada salah satu member terutama ke psikologisnya. Sehingga banyak dari para member yang tidak kuat, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Berangkat dari Video Clip Aitakatta, para pecinta musik di Jepang semakin mengenal nama AKB48 dan center di Clip tersebut, Maeda Atsuko. Dan konsep Idol Group dari Akimoto mulai kelihatan arahnya. Para member diharapkan bukan hanya bisa bernyanyi dan menari tapi juga bisa acting atau menjadi model. Awal tahun 2007, Acchan mendapat kesempatan untuk tampil di film layar lebar berjudul “Atashi no Watashi no Tsukurikata” dan sebuah drama seri dari Fuji TV berjudul “Swan no Baka”. Karier Acchan semakin bersinar di tahun 2008 ketika tampil di drama “Shiori to shimiko no Kaiki Jikenbo” dan “Taiyo to umi no kyoshitsu” bersama actor kawakan Oda Yuji dan sejumlah actor dan aktris muda seperti Kitagawa Keiko, Kie Kitano, Yamamoto Yusuke dan Okada Masaki.
Tahun 2009 merupakan tahun keemasan bagi karier seorang Maeda Atsuko. AKB48 yang telah berkembang menjadi sebuah super group dengan total personil lebih dari 50 orang, membuat Akimoto harus berpikir, bagaimana cara untuk memilih personil untuk tampil dalam salah satu single yang akan dirilis. Maka di tahun 2009, bulan Juni, dibuatlah suatu event khusus bagi personil AKB48 yang dinamakan “Senbatsu Sousenkyo”. Pemilihan personil dari pilihan fans AKB48, yang membeli CD Single maupun merchandise dari AKB48, berhak mendapatkan 1 kertas suara. Maeda Atsuko mencapai posisi pertama dalam perolehan suara dan berhak menjadi center dalam Single AKB48 ke 13, berjudul Iiwake Maybe.

Di tahun 2010, Acchan kembali mendapatkan tantangan dalam peran menjadi sebuah robot berwujud remaja perempuan yang cantik bersama bintang muda Sato Takeru dalam drama seri Q10 ( Kyuuto ).
[IMG]
Dan di tahun ini, peringkat Acchan di 2010 Senbatsu Sousengkyo direbut oleh saingan terberatnya Oshima Yuko. Acchan hanya menempati posisi kedua dengan selisih perolehan suara yang kecil. 2010 Senbatsu Sousenkyo memperebutkan posisi Center untuk single ke 17 AKB48 “Heavy Rotation”
[IMG]


Tahun 2011, merupakan tahun terberat buat karier Acchan di bidang Acting. Acchan harus memerankan tokoh Azhiya Mizuki yang pada tahun 2007 pernah diperankan salah satu tokoh idolanya, peraih predikat aktris terbaik 2007 dari Television Academy Awards Horikita Maki di Hanazakari No Kimitachie 2011, bersama aktor-aktor muda yang tampan seperti Nakamura Aoi dan Miura Shohei. Acchan mendapatkan cukup banyak kecaman dari para penggemar Hanazakari no Kimitachie 2007 dimana figure seorang Azhiya Mizuki yang sudah begitu melekat dibenak mereka, namun disinilah kemampuan Acchan benar-benar diuji. Ini sekaligus mencetak sejarah bagi AKB48, dengan menempatkan salah satu personilnya sebagai pemeran utama di drama televisi jam tayang Prime Time.
[IMG]

Di bulan Juni 2011, Acchan melepas single solonya yang berjudul "Flower" dan tahun ini pula, posisi nomor 1 di 2011 Senbatsu Sousenkyo kembali direbut oleh Acchan dengan selisih suara yang cukup besar dari posisi ke 2, Oshima Yuko. Acchan kembali mendapatkan posisi Center untuk Single ke 22 “Flying Get” yang sekaligus membawa AKB48 ke puncak tangga lagu Oricon dan mendapatkan penghargaan dalam Japan Records Awards 2011 sebagai Group dengan penjualan Single terbanyak sepanjang tahun 2011 dengan 1,8 juta copy.


Proyek terbaru yang sedang dilakukan Acchan di awal tahun 2012 adalah berperan dalam salah satu drama televisi bersama actor dari Johny Entertainment, Yamashita Tomohisa. Yamashita atau akrab dipanggil Yamapi, adalah aktor tampan yang sudah sangat sering berperan bersama aktris-aktris Top papan atas seperti Horikita Maki, Nagasawa Masami, Kitagawa Keiko, Karina, Eikura Nana, Toda Erika maupun Aragaki Yui. Merupakan tantangan besar kembali bagi Acchan untuk bisa tampil bersama dengan seorang aktor senior sekaligus Idola remaja. ( Yamapi adalah mantan personil Boyband NEWS besutan Johnny Entertainment ).

Dan bersama AKB48, Acchan baru saja merilis sebuah single terbaru berjudul “Give Me Five” dimana AKB48 untuk pertama kalinya tampil dengan memainkan musiknya sendiri. Acchan sendiri memainkan Rhythm Guitar sekaligus Center Vocal. Group Band dari AKB48 ini diberi nama “Baby Blossom”, bersama dengan Takahashi Minami ( Lead Guitar ), Oshima Yuko ( Bass Guitar ), Kashiwagi Yuki ( Drum ), Kojima Haruna & Watanabe Mayu ( Keyboard ), Minegishi Minami & Sashihara Rino ( Trombone ), Matsui Rena ( SKE48 )& Yokoyama Yui ( Trumpet ) dan Perkusi oleh Shinoda Mariko, Matsui Jurina (SKE48 ) Itano Tomomi. Penjualan single ini pun telah mencapai penjualan diatas 1 juta copy setelah rilis di bulan Februari 2012.

Dan terakhir, tanggal 25 Maret 2012. di konser AKB48 yang berlangsung di Saitama Super Arena, di depan sekitar 25.000 orang penonton, Maeda Atsuko secara mengejutkan, mengumumkan pengunduran dirinya dari AKB48, Group yang selama ini telah membesarkan namanya.

[IMG] 

Pada malam ketiga konser AKB48 Gyoumu Renraku, Tanomu zo, Katayama Buchou! di Saitama Super Arena (SSA) 25 Maret 2012, Maeda mengumumkan dirinya lulus dari AKB48. Sambil terisak dia berkata, "Aku ketika berusia 14 tahun, mengikuti audisi AKB48. Itu merupakan keputusan besar dalam hidupku. Izinkan aku membuat keputusan besar yang kedua kali. Lulus dari AKB48."

Sontak pengumuman ini disambut dengan isak tangis dan cucuran airmata dari seluruh member maupun penonton yang hadir disana. Keputusan yang sangat berat tapi ini adalah keputusan dari dirinya sendiri. Acchan merasa bahwa sudah saatnya dirinya untuk mandiri. Acchan tetap akan tampil di single AKB48 ke 26 yang rencana akan dirilis bulan Mei 2012 dan tampil terakhir bersama AKB48 di konser impian mereka di Tokyo Dome pada pertengahan Musim panas 2012.

Setelah selesainya konser tiga hari AKB48 in Tokyo Dome, 1830m no Yume, pertunjukan terakhir Atsuko Maeda sebagai anggota AKB48 dilangsungkan di Teater AKB48, 27 Agustus 2012. Bersama Maeda, Tim A formasi pra-Tokyo Dome membawakan pertunjukan Team A 6th Stage "Mokugekisha" yang dilanjutkan dengan pertunjukan perpisahan dengan Maeda. Anggota generasi pertama membawakan "Skirt, Hirari", disusul lagu-lagu dengan Maeda sebagai sentral, "Flying Get" dan "Ponytail to Shushu". Ia lalu menerima kata perpisahan dari rekan-rekannya satu demi satu. "Sakura no Hanabiratachi" yang dinyanyikannya secara solo merupakan penampilan terakhir Atsuko Maeda bersama AKB48. 

DISKOGRAFI:
Single Solo
  • "Flower" (22 Juni 2011)
  • "Kimi wa Boku da" (20 Juni 2012)
Bersama AKB48 
  • "Sakura no Hanabiratachi" (桜の花びらたち)
  • "Skirt, Hirari" (スカート、ひらり)
  • "Aitakatta" (会いたかった)
  • "Seifuku ga Jama o Suru" (制服が邪魔をする)
  • "Keibetsu Shiteita Aijou" (軽蔑していた愛情)
  • "Bingo" (BINGO!)
  • "Boku no Taiyou" (僕の太陽)
  • "Yuuhi o Miteiru ka?" (夕陽を見ているか?)
  • "Romance, Irane" (ロマンス、イラネ)
  • "Sakura no Hanabiratachi 2008" (桜の花びらたち2008)
  • "Baby! Baby! Baby!"
  • "Oogoe Diamond" (大声ダイヤモンド)
  • "10nen Zakura" (10年桜)
  • "Namida Surprise!" (涙サプライズ!‎)
  • "Iiwake Maybe" (言い訳Maybe)
  • "River" (RIVER)
  • "Sakura no Shiori" (桜の栞)
    • Majisuka Rock 'n Roll (マジスカロックンロール)
  • "Ponytail to Shushu" (ポニーテールとシュシュ)
    • Majijo Teppen Blues (マジジョテッペンブルース)
  • "Heavy Rotation" (ヘビーローテーション)
    • Lucky Seven (ラッキーセブン)
    • Yasai Sisters (野菜シスターズ) (sebagai Yasai Sisters)
  • "Beginner"
    • Kimi ni Tsuite (君について) (sebagai Mint)
  • "Chance no Junban" (チャンスの順番)
    • Yoyakushita Christmas (予約したクリスマス)
    • Kurumi to Dialogue (胡桃とダイアローグ)
  • "Sakura no Ki ni Narō" (桜の木になろう)
    • Kiss made 100 Mile (キスまで100マイル) (sebagai Mint)
  • "Dareka no Tame ni: What Can I Do for Someone?" (誰かのために -What can I do for someone?-)
  • "Everyday, Katyusha" (Everyday、カチューシャ)
    • Kore kara Wonderland (これからWonderland)
    • Yankee Soul (ヤンキーソウル)
  • "Flying Get" (フライングゲット)
    • "Seishun to Kizukanai Mama (青春と気づかないまま)
    • "Ice no Kuchizuke (アイスのくちづけ)
    • "Yasai Uranai" (野菜占い) (sebagai Yasai Sisters 2011)
  • "Kaze wa Fuiteiru" (風は吹いている)
  • "Ue kara Mariko" (上からマリコ) (tidak ikut di lagu ini)
    • Noel no Yoru (ノエルの夜)
    • Rinjin wa Kizutsukanai (隣人は傷つかない)
  • "Manatsu no Sounds Good!" (真夏のSounds good !)
  • Dalam "Gingham Check" (dirilis setelah lulus)
    • "Yume no Kawa" (夢の河)
  • "Give Me Five!"
Bersama AKB Idoling !!!
  • "Chuushiyouze" (チューしようぜ!)
Pertunjukan Theater 
Team A 1st Stage "Party ga Hajimaru yo"
  1. Skirt, Hirari (スカート、ひらり) (unit 1, 2)
  2. Hoshi no Ondo (星の温度) (unit 2)
Team A 2nd Stage "Aitakatta"
  1. Nageki no Figure (嘆きのフィギュア)
  2. Nagisa no Cherry (渚のCHERRY)
  3. Senaka Kara Dakishimete (背中から抱きしめて)
  4. Rio no Kakumei (リオの革命)
Team A 3rd Stage "Dareka no Tame ni"
  1. Nage Kiss de Uchi Otose! (投げキッスで撃ち落せ!)
  2. Seifuku ga Jama wo Suru (制服が邪魔をする)
Team A 4th Stage "Tadaima Renai Chuu"
  1. 7ji 12fun no Hatsukoi (7時12分の初恋)
Himawarigumi 1st Stage "Boku no Taiyou"
  1. Idol Nante Yobanaide (アイドルなんて呼ばないで)
Himawarigumi 2nd Stage "Yume o Shinaseru Wake ni Ikanai"
  1. Hajimete no Jelly Beans (初めてのジェリービーンズ)
Team A 5th Stage "Renai Kinshi Jourei"
  1. Kuroi Tenshi (黒い天使)
Theatre G-Rosso "Yume o Shinaseru Wake ni Ikanai"
  1. Hajimete no Jelly Beans (初めてのジェリービーンズ)
Team A 6th Stage "Mokugekisha"
  1. Ude o Kunde (腕を組んで)
 Filmografi
  • Ashita no Watashi no Tsukurikata (あしたの私のつくり方) (28 April 2007)
  • Densen Uta (伝染歌) (25 Agustus 2007)
  • Nasu Shōnenki (那須少年記) (Juni 2008)
  • Moshidora (もし高校野球の女子マネージャーがドラッカーの『マネジメント』を読んだら) (4 Juni 2011)
Serial Drama
  • Desu yo ne (ですよねぇ。) episode 6, 10, 11 (2006, TBS)
  • Swan no Baka! -Sanmanen no Koi- (スワンの馬鹿! ~3万円の恋~) episode 2-terakhir (23 Oktober - 18 Desember 2007, Kansai TV)
  • Shiori to Shimiko no Kaiki Jikenbo (栞と紙魚子の怪奇事件簿) (5 Januari - 29 Maret 2008, Nippon Television)
  • Taiyo to Umi no Kyoushitsu (太陽と海の教室) (21 Juli - 22 September 2008, Fuji TV)
  • Kochira Katsushika-ku Kameari Kouen-mae Hashutsujo (こちら葛飾区亀有公園前派出所) (12 September 2009, TBS) cameo
  • Majisuka Gakuen (8 Januari - 26 Maret 2010, TV Tokyo)
  • Taiga drama Ryōmaden (龍馬伝) episode 10-46 (7 Maret - 14 November 2010)
  • Q-10 ( キュート) (16 Oktober - 11 Desember 2010, Nippon Television)
  • Sakura Kara no Tegami: AKB48 Sorezore no Sotsugyou Monogatari (26 Februari - 6 Maret 2011, Nippon Television)
  • Majisuka Gakuen 2 (15 April - 1 Juli 2011, TV Tokyo)
  • Marumo no Okite (マルモのおきて) episode terakhir (3 Juli 2011, Fuji TV)
  • Hanazakari no Kimitachi e "Ikemen Paradise 2011 (花ざかりの君たちへ〜イケメン☆パラダイス〜2011) (10 Juli - 18 September 2011)
  • Saikō no Jinsei no Owarikata: Ending Planner (最高の人生の終り方〜エンディングプランナー〜) (12 Januari - Maret 2012, TBS)
  Acara Varietas
  • AKBingo! (1 Oktober 2008 - , Nippon Television)
  • Shukan AKB (10 Juli 2009 - , TV Tokyo)
  • Naruhodo! High School (なるほど!ハイスクール) (30 Mei 2010, 21 April 2011 - , Nippon Television, tidak tetap)
  • Ariyoshi AKB Kyouwakoku (有吉AKB共和国) (29 Maret 2010, 7 Juni 2010, TBS)
  • AKB to Chome Chome! (Yomiuri TV)
  • AKB48 Conte "Bimyo" (AKB48コント「びみょ〜) (Hikari TV)
  • AKB48 Nemousu Terebi (Family Gekijo)
  • AKB600sec.



 



Poskan Komentar

Mohon Maaf, Kami tidak mengaktifkan Comen Fitur "Anymous" jadi mohon menggunakan Akun pribadi anda.
Saran dan Kritik anda juga sangat berharga bagi kami, jadi jangan sungkan-sungkan bertanya.

Radio Streaming